Juni 26, 2008

SEARCH ENGINE

Sebuah website, domain atau homepage harus dapat dibuka oleh orang lain. Agar situs yang sudah selesai dapat ditemukan oleh orang lain, maka situs kita itu harus kita daftarkan di layanan search engine di internet. Melalui search engine ini, situs akan dapat dipromosikan kepada seluruh pengguna internet. Pengguna layanan search engine ini adalah peneliti, pustakawan, dan semua pengguna internet yang ingin mencari situs-situs (web) tertentu di internet. Mendaftar ke Search Engine ini ada gratis dan ada yang harus membayar. Search engine yang tidak gratis akan lebih cepat dalam proses pengeluaran daftar dan lebih banyak jalur search engine yang saling berhubungan.

Beberapa kategori dalam Search Engine:

The Major Search Engines Paid Listings Search Engines
News Search Engines Specialty Search Engines
Metacrawlers Kids Search Engines
Multimedia Search Engines Regional Search Engines
Search Utilities

Beberapa layanan search engine:

Seach Engine Alamat Site Keterangan
AOL Search http://search.aol.com/
AltaVista http://www.altavista.com Salah satu yang tertua.
Ask Jeeves http://www.askjeeves.com Memberi pelayanan secara personal.
Direct Hit http://www.directhit.com Menampilkan alamat site dan juga rangkingnya
Excite http://www.excite.com Selain memakai index juga memakai human-powered.
FAST Search http://www.alltheweb.com/ Salah satu dengan jumlah index terbanyak yang dijalankan oleh Terra Lycos.
Google http://www.google.com Pilihan terbaik dari layanan search engine yang menawarkan banyak web site dan pencarian images.
HotBot http://hotbot.lycos.com/ Pilihan favorit bagi peneliti.
IWon http://home.iwon.com/index_gen.html Didukung oleh Televisi Network CBS dan selalu memberikan hadiah-hadiah secara teratur.
Inktomi http://www.inktomi.com/ Aslinya Inktomi berada di UC Berkeley kemudian penciptanya membuka usaha sendiri dengan nama yang sama dan mengisi index baru.
LookSmart http://www.looksmart.com/ Index untuk pencarian dilakukan secara bertahap, bekerja sama dengan MSN Search, Excite, dll.
Lycos http://www.lycos.com/sitemap.asp Lycos memulainya dengan pendataan berdasarkan web yang masuk dan masih membutuhkan data dari search engine lain, namun sekarang sudah dapat berdiri sendiri.
MSN Search http://search.msn.com/ Bekerja sama dengan LookSmart dengan hasil kedua berasal dari Inktomi, juga dari RealNames, dan Direct Hit.
Netscape Search's http://search.netscape.com/ Hasil pencarian berasal dari Open Directory dan data Netscape. Hasil kedua datang dari Google, dll.
Northern Light http://www.northernlight.com/ Pilihan favorit lainnya bagi peneliti yang menampilkan index yang banyak, selain itu juga ditampilkan beberapa dokumen yang tidak dapat dibuka tanpa bayar.
Open Directory http://dmoz.org/
RealNames http://www.realnames.com Sistem yang digunakan lebih sederhana dengan hanya mencantumkan kata kunci yang sederhana. Merupakan search engine yang berhasil.
Yahoo http://www.yahoo.com/ Yang paling pupolar yang memiliki reputasi baik dalam membantu dalam pencarian informasi dengan mudah.

Sebelum mendaftar harus diketahui bahwa ada perbedaan antara search engine submission dan search engine optimization.

Search Engine Submission merupakan proses pendaftaran di layanan search engine dan terkadang disebut juga search engine registration. Pendaftaran ini hanya sekedar mengetahui apakah web yang dicantumkan itu ada.

Search Engine Optimization merupakan proses perubahan sehingga alamat web yang kita daftarkan dapat tercantum.

PENGENALAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

Search Engine merupakan salah satu jalan utama bagi pengguna Internet untuk mencari alamat situs. Hal itulah mengapa sebuah situs dengan daftar list di search engine secara baik akan meningkat di jalur traffic.
Semuanya ingin berada di daftar list terbaik. Bila tidak beruntung, banyak situs berada dalam search engine tapi tidak ada di rangking daftar, semua ini bisa terjadi karena mereka tidak mengerti bagaimana cara bekerja search engine.
Faktanya, mendaftar di search engine hanyalah sebahagian tantangan dari cara mendapatkan posisi di search engine secara baik. Juga hal penting lainnya adalah menyiapkan sebuah web site melalui "search engine optimization".
Search engine optimization berarti menjamin sebuah halaman situs dapat diakses pada search engine dan dipusatkan pada menolong mengembangakan kesempatan sehingga dapat ditemukan.

Bagaimana Search Engine Bekerja

Search Engine sering menggunakan hal-hal umum untuk memaparkan kedua jenis search engine yang berbeda (crawler-based dan human-powered directories).

Crawler-Based Search Engines

Seperti HotBot, membuat daftar secara otomatis. Mereka 'crawl' atau menjerat situs, sehingga pencarian berhasil. Jika terjadi perubahan pada situs, search engine crawler-based dapat menemukan perubahannya dan akan berakibat pada daftar situs. Judul halaman, body copy dan elemen yang digunakan lainnya.

Human-Powered Directories

Sebuah human-powered directory, seperti Yahoo, bergantung pada manusia untuk daftar list situs. Jika Anda memasukkan kata kunci yang pendek untuk masuk ke directory, pencarian akan mencocokkan dengan deskripsi (kata kunci) yang telah dimasukkan. Perubahan halaman situs tidak berpengaruh pada daftar. Hal-hal yang berguna untuk mengembangkan daftar pada search engine tidak berakibat pada pengembangan sebuah daftar pada directory.

"Hybrid Search Engines" Atau Mixed Results

Belakangan ini, banyak search engine yang menggunakan kedua tipe, crawler-based dan human-powered dinamakan hybrid search engine.

Bagian dari Crawler-Based Search Engine

Crawler-based search engine memiliki tiga elemen utama. Pertama adalah spider (menjerat) yang juga dinamakan crawler. Spider mengunjungi situs, membacanya, dan kemudian menyambungkan link menuju halaman lain melalui site. Hal ini berarti ketika seseorang mengacu sebuah situs, berarti akan menjadi spider atau crawler. Spider akan mengembalikan situs dalam bentuk umum, dalam waktu satu atau dua bulan, untuk melihat perubahan.
Semua yang ditemukan oleh spider akan menuju bagian kedua, yaitu index. Index, terkadang disebut katalog, seperti buku raksasa yang terdiri dari salinan beberapa situs yang bisa ditemukan spider. Jika halaman situs berubah kemudian buku ini akan mengikuti perubahan.
Terkadang memerlukan waktu untuk melihat halaman yang sudah berubah agar spider menemukan penambahan pada index. Dengan demikian, halaman situs bila sudah di 'spider' tapi belum di 'index', halaman barunya tidak akan terlihat hingga semua di'index'kan -ditambahkan pada index.
Software search engine merupakan bagian ketiga. Program ini menyaring berjuta-juta halaman situs yang tersimpan di index untuk dicari kesamaan dari pencarian dan mengurutkannya dalam urutan yang kira-kira relevan dengan kata kunci diskripsi.

Search Engines Utama: Sama, tapi Berbeda

Semua crawler-based search memiliki bagian dasar yang sama dan sudah dipaparkan di atas, tapi terdapat perbedaan dalam penggunaannya. Hal inilah yang menyebabkan tiap search engine menghasilkan result yang berbeda.

BAGAIMANA SEARCH ENGINE MENGURUTKAN SITUS

Pencarian dengan menggunakan salah satu situs search engine crawler-based mempunyai proses pencarian yang ringkas, berdasarkan sortiran dari berjuta-juta halaman situs yang sesuai dengan kata kunci diskripsi. Kecocokan akan diurutkan berdasarkan halaman situs yang paling relevan dengan kata kunci diskripsi yang diminta. Bagaimanapun, search engine tidak selalu benar. Halaman situs yang tidak relevan terkadang terlampir juga dan terkadang memerlukan waktu yang lama untuk mencari yang sesuai dengan keinginan. Tapi, secara keseluruhan, search engine mengerjakan hal yang luar biasa. Seperti kata penemu WebCrawler, Brian Pinkerton, "Imagine walking up to a librarian and saying, 'travel.' They're going to look at you with a blank face."

Cara Bekerja Search Engine Crawler-Based

Sebenarnya, bagaimana cara bekerja crawler-based search engines sehingga dapat menyeleksi halaman situs yang ada? Ada aturannya yang disebut algoritme. Bagaimana cara bekerjanya secara pasti merupakan hal yang rahasia bagi perusahaan. Tapi, beberapa search engine besar menggunkan hal yang seperti di bawah ini.

Salah satu peraturan yang utama adalah urutan algoritme mengikuti lokasi dan frekuensi dari kata kunci pada halaman situs, disebut metode lokasi/frekuensi. Bila kita mencari buku di perpustakaan, mis. buku dengan judul 'travel', maka secara pasti yang dicari adalah buku dengan judul 'travel'. Begitu halnya dengan mencari di search engine.
Frekuensi juga merupakan faktor penting lain dalam menjelaskan keterkaitan search engine. Sebuah search engine akan menganalisa berapa kali sebuah kata kunci muncul dan hubungannya dengan kata lain. Dengan frekuensi yang tinggi kemudian dapat dianggap lebih relevan dengan halaman situs.

next


SELAMAT MENCOBA