Juni 26, 2008

MEMBUAT ANIMASI DENGAN LAYER

Layer merupakan suatu kontainer untuk content HTML, yang dapat kita tentukan dimana saja dalam halaman web kita. Elemen apapun (teks, gambar, plug-in, tags, bahkan layer sendiri) yang ada pada dokumen HTML dapat dimasukkan ke dalam sebuah layer. Dan kita dapat pula menganimasikan layer.

Lebih jelasnya sebagai berikut :

Buatlah layer dengan Insert > layer, atau melalui Objects Palette, pada panel Commons, klik Draw layer, lalu drag di halaman kita untuk menggambar layer.
Untuk mengaktifkan layer, klik dimana saja di dalam layer.
Untuk memindahkan layer, kita gerakkan cursor mouse ke border layer sampai ada selection handle, kemudian kita drag untuk ditempatkan sesuai keinginan kita.
Untuk meng-insert suatu elemen, misal gambar : Klik Insert > Image (atau ctrl+Alt+I). Lalu kita dapat me-resize ukuran layer kita dengan meng-klik border layer, lalu sambil meng-klik salah satu titik putih yang muncul di sudut, kita drag sampai ukurannya sesuai dengan keinginan.

Untuk menganimasikan layer, tempatkan layer di titik mana animasi akan dimulai.

Pilih Window > Timeline
Pilih layer yang akan dianimasikan dengan mengklik layer marker.
Pilih Modify > Timeline > Add Object, akan tampak sebuah bar pada channel pertama timeline.
Klik keyframe teakhir pada bar tersebut, kemudian pindahkan layer kemana animasi akan berakhir.
Tekan terus play button untuk melihat pergerakan layer yang kita buat.

Untuk membuat gerakan animasi yang rumit, bisa kita gunakan record path of layer, yaitu seperti cara diatas, namun setelah langkah ke-3, kita pilih Modify > Timeline > Record Path of Layer, kemudian kita pilih layer yang akan kita animasikan, gerakan sesuka anda, nanti akan tergambar titik-titik jalur animasi kita. Setelah dirasa cukup, lepas mouse. Kemudian tekan terus play button untuk melihat animasinya. OK, untuk selanjutnya silakan berkreasi sendiri…….

SELAMAT MENCOBA