Juni 26, 2008

MEMBUAT FRAMES PADA DREAMWEAVER

Frame pada dasarnya di gunakan untuk membuat website kita lebih menarik. Kita bisa membuat ukuran layar sebelah kiri dengan sebelah kanan berbeda. Ukuran sebelah atas dengan sebelah bawah berbeda. Dan di dalam Frame kita bisa membuat Frame lagi. Dengan Frame tampilan web kita akan menarik di lihat oleh orang lain.
Ketika orang menge - Klik menu pada Frame sebelah kiri. Maka menu yang di klik nya itu akan muncul di sebelah kanan. Demikian sebalik nya. Dan itu adalah salah satu dari kelebihan Frame.

Langkah - Langkah membuat Frame :

Klik menu Insert dan arahkan pointer ke Frames, maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini.

Pada menu Frames akan terlihat menu-menu lagi. Kita bisa memilih jenis Frame yang ingin kita buat. Sebagai contoh perhatikan gambar di bawah ini.

Frame ini di buat dengan Insert > Frames > Left and Top, dan kita bisa membuat frame lagi dengan feature yang lebih bagus lagi.

Dalam pembuatan Frames pertama kali kita create di Dreamweaver border nya adalah Nol, dan waktu di Preview di sebuah browser maka border nya tidak kelihatan. Pada gambar di atas di buat border nya = 1, warna frame adalah warna hitam.

Gambar di bawah ini kelihatan berbeda dengan gambar di atas yang mana border nya lebih besar dan warna nya di buat berwarna merah.

Langkah pembuatan:

Pilih menu Yes pada Option Border (no.2).
Pada Option Border Width (no.4) tentukan berapa besar border yang akan di buat.
Bagian Border Color pilih warna apa yang akan kita buat untuk warna dari border nya. Gambar di atas menggunakan Border Color berwarna merah.
MENYIMPAN FRAME

Meyimpan Frameset File

Untuk menyimpan Frameset File, pilih: File > Save Frameset.
Untuk meyimpan Frameset File dengan nama yang baru, pilih: File > Save Frameset As.
Meyimpan File Frame

Untuk menyimpan dokument yang terdapat pada sebuah frame, caranya: Klik Frame tersebut dan pilih File > Save

Menyimpan semua file yang terdapat pada file frameset

Untuk menyimpan semua dokument yang terbuka, termasuk dokument pribadi, dokument frame dan frameset dokument, pilih: File > Save All


SELAMAT MENCOBA