Juni 26, 2008

MENDEFINISIKAN LOCAL SITE

Site Management di Dreamweaver ini seperti windows explorer yang mengatur keseluruhan web project kita. Keuntungan menggunakan site management ini antara lain adalah, bila kita merename satu file htm ( misal : "a.htm" menjadi "b.htm"), maka seluruh html yang mempunyai link ke "a.htm" akan berubah secara otomatis mengikuti penamaan yang baru tersebut.

Untuk membuat site management buka dulu site window dengan memilih menu Window > Stie File :

Pilih menu Site > New Site ... Maka gambar di bawah akan muncul.



Site Name, merupakan nama site project kita ( contoh : bintangindonesia.com). Local Root Folder, merupakan direktori di hardisk tempat kita menyimpan file-file html, images, suara, cgi dan sebagainya. Klik icon folder seperti yg terlihat di gambar untuk memilih direktori. Kalau anda belum membuat direktori, buatlah terlebih dahulu.
Setelah selesai, klik Done
Kemudian akan muncul popup menu yg memberitahu kita bahwa direktori tempat kita menyimpan file html akan diperiksa untuk melacak link-link bila kita ingin merubahnya.
Klik OK, maka kita telah menciptakan site management "bintangindonesia.com"


Gambar di atas merupakan toolbar dari window site management, klik Site dan pilih project kita yang berjudul "bintangindonesia.com", maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.
Gambar di bawah ini pasti akan berlainan sesuai dengan struktur direktori hardisk tempat menyimpan file html anda.



Kini anda bisa merename nama file html tanpa takut akan terjadi broken link, membuat template, library dan memakai fasilitas ftp yang ada di dreamweaver dan banyak lagi keuntungan lainnya. Cara me-rename, membuat folder baru dan memindahkan folder/file semuanya mirip sekali dengan cara kerja windows explorernya windows 98, jadi bagi yang sudah terbiasa akan mudah menggunakan site management dreamweaver ini. Setelah mencapai langkah ini berarti anda sudah bisa memulai membuat halaman web baru.

Membuat halaman web pertama

Dari menu File pilih New.
Tentukan title, warna background dan link untuk halaman web Anda. Dari menu Modify, pilih Page Properties.
Untuk mengganti warna background dan link, klik pada icon . Sedangkan untuk mengganti background image, klik pada tombol Browse.



Title = title atau judul halaman web
Background image = image yang digunakan sebagai background
Text = warna teks
Links, Visited Links, Active Links = warna link

Untuk mengakhiri klik tombol OK.

Supaya aman simpan dulu file tersebut dengan mengklik menu File - Save.
Membuat tabel

Langkah ini sangat penting untuk dicermati karena hampir semua halaman web memakai tabel. Anda tidak akan dapat membuat halaman web yang warna-warni tanpa unsur tabel. Untuk membuat dan memodifikasi tabel pada Dreamweaver caranya adalah sebagai berikut :

1. Dari menu Insert, pilih Table. Atau tekan Ctrl + Alt + I.



Rows Jumlah baris
Columns Jumlah kolom
Width Lebar tabel yang bisa dinyatakan dalam persen maupun dalam pixel
Border Ukuran border tabel

2. Hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini.


3. Untuk mengganti warna background pada tabel, letakkan pointer mouse pada cell (kolom atau baris --pada gambar di bawah ditandai dengan tanda silang warna merah--) yang akan Anda ganti warnanya lalu klik icon yang terletak pada Properties. Untuk mengganti warna background lebih dari satu baris atau kolom drag pointer mouse dari cell yang satu ke cell selanjutnya.



Membuat Halaman web yang sesuai dengan semua resolusi layar monitor (screen resolutions)

Disini kita akan memperlihatkan bagaimana mengontrol halaman Anda dan bagaimana orang lain membuat suatu kesalahan.

Bekerja dengan tabel:

Membuat suatu halaman yang sesuai dengan semua resolusi monitor adalah suatu keharusan. Orang akan melihat halaman Anda dengan resolusi layar yang berbeda-beda. Kebanyakan orang mengeset resolusi layarnya pada 640x480. Itu adalah alasannya kenapa Anda akan melihat ruang berwarna putih disebelah kanan layar Anda ketika Anda melihat Netscape Search Page dengan resolusi 800x600 atau lebih. Banyak situs komersial meletakkan tabel di sebelah kiri dan mengesetnya dengan lebar 600 pixel sebagai pemecahan masalah mereka. Dengan melakukan ini, halaman mereka akan sangat sempurna pada layar 640x480.

Ini ada pilihan yang lain. Letakkan 600 pixel Anda pada tengah layar. Jika ada pengunjung dengan resolusi 640x840 melihat halaman Anda, akan terlihat sempurna. Walaupun, jika ada sebagian orang dengan resolusi 800x600 akan melihat ruang di sebelah kanan dan kiri halaman. Ini adalah yang kita bicarakan:





Catatan:

Mengeset tabel dengan lebar 100%, halaman Anda akan terlihat berbeda pada setiap PC yang berbeda. Jika halaman Anda adalah text based, akan menyebabkan kerusakan yang sedikit tapi bila halaman Anda membutuhkan komposisi yang fix atau tetap sebaiknya hal ini jangan lakukan. Tabel juga memberikan hasil untuk style dari kolom.
Tulisan yang panjang akan membosankan, kenapa tidak masukkan tulisan Anda dalam kolom.

Cara Menyimpan File di Dreamweaver

Dari menu File pilih Save As (Ctrl+Shift+S).



Tentukan Di Direktori mana file anda akan di simpan
Ketikkan nama File baru yang anda buat.
Klick Tombol Save untuk meyimpan.
Tombol Cancel di gunakan untuk membatalkan peyimpanan
Jika, Documen anda telah tersimpan maka anda tidak perlu lagi menyimpan data anda dengan menekan File > Save As.
Tapi cukup dengan menekan perintah File > Save. Atau dengan Ctrl+S

Dengan cara seperti ini maka data anda akan otomatis akan di simpan.



SELAMAT MENCOBA