Maret 15, 2009

Melindungi anak dari kejahatan internet


Tidak dapat di pungkiri setiap orang tua pasti terbersit kekhawatiran akan pengaruh internet yang kian mengglobal.jika di izinkan pikiran jadi was-was,tapi jika di larang di khawatirkan anak jadi kurang pengetahuan atau di cap gaptek.lalu bagaimana sebaiknya? berikut beberapa saran yang bisa di terapkan oraang tua.

1.Tetapkan aturan dasar.

Tetapkan berapa lama anak anda boleh bermain internet.misalnya maksimal 2 jam perhari dan hanya boleh ngenet setelah mengerjakan pekerjaan rumah.

2.Waspadai kejahatan internet.

Ajak anak untuk berdiskusi tentang pentingnya menjaga keamanan diri secara online.ajari mereka bahwa ada jutaan orang yang mengakses internet,dan tidak semua orang dapat di percaya.jangan ssembarangan memeberikan informasi tentang umur,alamat,nomor telepon.

3.Biasakan berinteraksi.

luangkan waktu untuk mengakses internet bersama anak sekaligus aajarkan untuk mencari konten atau materialyang positif.mintalah anak untuk menunjukan pa yang mereka sukai dari internet atau website yang sering di kunjungi.ajaklah mereka untuk menceritakan pengalaman atau informasi yang di dapatnya.

4.Keterbukaan komunikasi.

Posisikan diri anda sebagai orang tua dan sebagai teman bagi anak.jika sewaktu-waktu anak mendapati masalah atau menemukan sesuatu di internet yang membuat tidak nyaman,tanpa segan anak akan bercerita.sesekali anda boleh juga mengontak orang tua teman anak anda,sebab mungkin saja anak anda ngenet di rumah temenya itu atau bahkan di warnet.

5.Letakan komputer di tempat yang bisa di awasi

Tempatkan komputer di ruang belajar atau di ruang keluarga,bukanya di kamar anak.dengan demikian,orang tua dapat mengawasi saat anak asik berinternet.setiap kali anak selesai bermain internet,tanpa sepengetahuan mereka cobalah mengecek situs apa yang di kunjungi dan apa saja yang di lihatnya.

6.Pacu anak untuk bertanya.

Segala sesuatu yang mereka saksikan dalam dunia online tidaklah seperti apa yang mereka pikirkan.ajarkan anak untuk mengabaikan atau berhati-hati dengan orang asing yang mereka temui di internet.

7.Gunakan internet filtering dan parental control

Tujuannya sebagai pengaman kegiatan anak dalam berinternet,dengan cara membloksitus berdasarkan nama,mencari kata-kata tertentu yang di anggap negatif dan memblokir akses ke situs yang mengandung kata-kata tersebut.